9:33 am - Senin September 25, 2017

“Diincar” BPK, Uang Transport Guru Akan Dihapus

Written by | Juni 9, 2015 | 0
BPK
Single content advertisement top

BERITA KARAWANG, Brantas

Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) kembali menyoroti persoalan pengelolaan anggaran Kabupaten Karawang. Kali ini permasalahan uang transport para guru yang diterima setiap bulan, dianggap menyalahi aturan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang Teddy Rusfensi Sutisna mengatakan, setelah BPK mempersoalkan hal itu, ribuan guru tidak boleh lagi menerima uang transportasi. BPK menganggap jika uang transport tetap diberikan kepada guru, maka terjadi duplikasi anggaran setelah diberlakukannya dana sertifikasi.

“Ini jadi temuan BPK lagi, tidak boleh dobel, karena guru sudah ada sertifikasi,”bebernya.

Saat ini Pemkab Karawang sedang berusaha mencari jalan alternatif yang akan di ambil karena jika dihapus dbegitu saja, diperkirakan akan banyak guru yang tidak terima.

“Ini dari dulu kan sudah dinikmati, jadi susah kalau dihapuskan. Tapi kita cari formula agar tidak nyalahi aturan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Dadan Sugardan mengatakan, alokasi anggaran untuk transportasi sudah diploting di APBD 2015. Namun, atas temuan BPK anggaran ini tidak bisa dikucurkan sejak Januari 2015.

“Belum dikucurkan, uang ini sudah diharapkan (para guru),”ungkapnya.

Kemungkinan besar dana transportasi yang diperuntukan untuk 11 ribu lebih guru PNS dan non PNS sebesar Rp 350 ribu per orang ini, akan disiasati dengan berganti nama. Nantinya, akan dibahas dalam perubahan anggaran.

“Tinggal nanti ada proses perubahan, kemungkinan dalam perubahan anggaran,”bebernya.

Ia melanjutkan, mencontek daerah lain yang merubah nama uang transport dengan uang makan, kemungkinan hal serupa juga akan dilakukan oleh Pemkab Karawang.

“Di Manado itu uang makan, itu saya akan rapat mengundang stakeholder lain seperti Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah), DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) itu membahas ini,”tandasnya.

(Visited 260 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERANDA, BERITA, BERITA KARAWANG, HUMANIORA

No comments yet.

Leave a Reply