1:12 am - Jumat Mei 25, 2018

Legenda Ikan Dewa dan Eksotisnya Kolam Cibulan

Written by | Mei 15, 2016 | 0
legenda ikan dewa
Single content advertisement top

Legenda Ikan Dewa -Tidak afdol rasanya apabila berwisata ke Kabupaten Kuningan apabila belum berkunjung ke pemandian Cibulan. Pemandian yang terletak di kaki gunung Ciremay ini merupakan salah satu destinasi wisata ter tua di Provinsi Jawa Barat.

Belum lahi apabila pengunjung berenang di kolam ini, pengunjung akan merasakan berenang bersama puluhan ikan Ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dournesis), atau masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan ikan dewa.

legenda ikan dewa

Pengunjung tidak perlu takut ikan-ikan yang berada di kolam tersebut sudah pasti jinak, kondisi kolam renang juga selalu di jaga kebersihannya. Selain itu pengunjung juga bisa perfoto dengan ikan dewa. Harga tiketnya pun sangat terjangkau cukup dengan membayar sebesar 10 ribu rupiah saja pengunjung sudah bisa merasakan berenang dengan ikan-ikan dewa.

Oleh penduduk sekitar, ikan dewa ini di keramatkan. Menurut Legenda Ikan Dewa yang berada di kolam itu sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Jumlahnya pun, menurut kepercayaan warga sekitar, tidak pernah berkurang atau bertambah.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat dan sudah di wariskan secara turun temuurn, kolam itu dahulu terbentuk lewat sebuah peristiwa yang sulit diterima nalar.

Konon, ikan dewa yang berada di pemandian terebut merupakan para prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang dan tidak setia yang kemudian di kutuk menjadi ikan, menurut cerita warga sekitar pula Legenda Ikan Dewa yang berada di dalam kolam tersebut tidak pernah bertambah dan berkurang.

legenda ikan dewa

Cibulan tidak hanya menyuguhkan pemandian air dingin dan juga Legenda Ikan Dewa, namun juga tujuh sumber mata air yang dikeramatkan. Masing-masing tujuh sumber mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang memiliki nama sendiri. 

Nama-nama sumber mata air tersebut diantaranya Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Tidak hanya itu, tujuh sumber mata air ini juga dikelilingi petilasan Prabu Siliwangi yang kerap dikunjungi untuk berziarah. 

Uniknya, air di objek wisata yang terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Jawa Barat ini tidak pernah habis. Karena itu, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan.(raka)

(Visited 627 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERANDA

No comments yet.

Leave a Reply