9:22 am - Minggu Juni 24, 2018

Polres Karawang “kandangin” Pengedar Uang Palsu

Written by | Mei 28, 2015 | 0
IMG_1929
Single content advertisement top

BERITA KARAWANG, Brantas

Anggota Reskrim Polres Karawang berhasil menangkap empat pelaku pengedar uang rupiah palsu yang berinisial AS (56), AK (22), RY (30) dan
HL(35).

Dari tangan pelaku di dapatkan sejumlah uang palsu sebanyak 944 lembar uang kertas rupiah palsu pecahan 100 ribu, 97 lembar uang kertas rupiah palsu pecahan 50 ribu dan uang tunai sebesar 3 juta rupiah.

Menurut kabag Humas Polres Karawang Marjani menjelaskan penangkapan berawal dari inforasi salah satu warga pada sabtu mengenai adanya peredaran uang rupiah palsu di daerah Jatisari.

“Penangkapan bermula dari informasi warga lalu, pada minggu (17/5) sekitar pukul 09.00WIB informan menghubungi AS dan mengaku ingin membeli uang palsu. setelah itu pada senin (18/5) informan bersama pihak polres yang menyamar menjadi pembeli bertemu dengan AS untuk melakukan transaksi. Namun, AS mengaku tidak memiliki uang palsu tetapi anknya yang meiliki,”ungkapnya.

Lebih lanjut Marjani menjelaskan, dalam melancarkan aksinya AS bekerjasama dengan AK (anak AS) yang bertempat tinggal di Desa Balonggandu.

“Setelah mengetahui rumah AK yang berlokasi di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang, pihak polres langsung menyiduk AK di rumahnya dan didapatkan uang rupiah palsu sebanyak 694 lembar pecahan 100 ribu dan 97 lembar pecahan 50 ribu,”uangkapnya.

Menurut kesaksian AS dirinya menukar uang palsu tersebut dengan cara di belanjakan di pasar tradisional. “uangnya saya belanjakan di pasar tapi nggak semua di belanjakan paling banyak 50 ribu,”ungkap AS.

Lebih lanjut AS menjelaskan jika dirinya mendapatkan uang palsu tersebut dari BUDI yang berada di semarang Jawa tengah. “barangnya dari Semarang kalau untuk membelinya dengan harga 1 juta uang aseli ditukar dengan 3 juta uang palsu,”tambah AS.

Sementara itu Kepala tim komunikasi penanggulangan uang palsu Bank Indonesia Dandy Indrianto menghimbau apabila menerima uang palsu harap tidak untuk diperjualbelikan.

“saya menghimbau apabila ada yangv menerima uang palsu harap jangan di jualbelikan dan segera laporkan ke kantor Polisi terdekat,”ujar Dandy.

Keempat tersangka ini dikenai pasal 36 ayat (2) atau (3) jo, pasal 26 ayat (3) UU RI No.7 tahun 2011 tentang mata uang dan dikenai hukuman 15 tahun penjarawa

 

(Visited 268 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERANDA, BERITA, BERITA KARAWANG, TARGET OPERASI

No comments yet.

Leave a Reply