3:24 pm - Kamis April 24, 1777

Pudarnya Karakteristik LSM

Written by | Juni 28, 2015 | 0
lsm
Single content advertisement top

Berita Karawang, Brantas

Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM secara tegas didefi­nisikan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmend­agri) No. 8/1990 tentang Pembinaan Lembaga Swadaya Mas­yarakat.

Keanggotaan LSM masyarakat warganegara Republik In­donesia yang secara sukarela atau kehendak sendiri berniat serta bergerak di bidang kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh organisa­si/lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat .

Seiring perkembangan LSM lebih khusus berper­an sebagai “agen pemba­ngunan” bagi masyarakat lokal saat masyarakat melakukan perbandingan dan “bench mark” den­gan reference group yang ada, sehingga masyarakat menjadi tahu posisi mer­eka berada di mana.

Namun, dewasa ini, LSM di Indonesia tidak memiliki karakteristik nilai-nilai idealis agen perubahan. Pudarnya karakteristik LSM di Indonesia memanglah sudah nampak terlihat oleh masyarakat karena sangat berlawanan dari defi­nisi karakteristik LSM sendiri.

Pertama, LSM yang berdiri di Indonesia lebih berorien­tasi kepada untung rugi, bukan pada masalah sosial. Kedua, tidak adanya transparansi terhadap uang dari donator-dona­tur yang diterima dengan jumlah yang dikeluarkan. Ketiga, Kinerja LSM tidaklah sesuai dengan visi dan misi LSM pada seharusnya.

LSM saat ini menghadapi dilema status hukum yang ber­implikasi pada hubungannya dengan negara. Banyak LSM yang belum terbuka dan mempertangungjawabkan kondisi dan perkembangan yang dicapai melalui laporan publik se­cara berkala dan terbuka melalui media massa.

Seringkali LSM mengklaim sebagai wakil masyarakat, na­mun tidak jarang masyarakat yang diwakilinya tidak mera­sa. Apalagi dalamUU Yayasan tidak mensyaratkan adanya keanggotaan atau membership.

Lalu, apakah LSM sudah menjadi agen perubahan meningkatkan kesejahteraan umum. Atau hanya sekedar menjadi organisasi sektoral demi kepentingan segelintir orang untuk tujuan ekomoni dan politik?

 

 

(Visited 221 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERANDA, OPINI

No comments yet.

Leave a Reply