7:01 am - Rabu April 25, 2018

Tips Menghilangkan Sakit Nyeri Gigi

Written by | April 17, 2018 | 0
nyeri gigi
Single content advertisement top

Tips Nyeri Gigi – Ada pepatah mengatakan sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit gigi memang membuat kita kelimpungan atau susah. Sakit gigi membuat kita susah makan. Ujung-ujungnya kita jadi kelaparan. Apalagi sakit gigi membuat kita merasa tidak nyaman, karena gigi yang sakit berkedut-kedut. Mau makan susah, mau minum pun susah. Sakit gigi memang seringkali membuat mood seseorang jadi buruk. Malah kadang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena tidak betah dengan sakit yang dialami.gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal. Dan sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di toko obat. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan dapat Anda dapatkan di dapur. Mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan.

Berikut ini adalah beberapa cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur :

  • Berkumur dengan Air Garam
    Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda juga dapat menggunakan benang gigi (dental floss) dalam membersihkan makanan yang menempel di gigi yang sakit. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, lalu buang.
  • Minyak Cengkeh
    Jenis rempah-rempah yang satu ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball) kemudian gigit supaya tetap ditempat yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat dan apotik. Tapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya dengan lemonmencampurkan 10 batang cengkeh dengan minyak zaitun ke dalam botol kaca 30 ml. Kemudian diamkan selama sekitar dua minggu Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri dan anastesi. Sehingga, minyak cengkeh ini dipercaya dapat meredakan sakit gigi.
  • Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

  • Belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

  • Getah jarak

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.daun jarak

  • Bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

  • Kompres dengan Menggunakan Es
    Sebelum efek obat sakit gigi Anda mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan kompres es. Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit.

Sakit  gigi adalah penyakit yang bisa mempengaruhi dan mengakibatkan rongga mulut dan kelenjar disekitar wajah dan belakang telinga menjadi terganggu. Marilah kita rawat dan jaga kebersihan gigi agar penyakit lain tidak muncul seperti sariawan, bau mulut , gangguan kelenjar getah bening, kelenjar lidah dan lain lain. (12)

(Visited 89 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERANDA, LIFE STYLE, TIPS

No comments yet.

Leave a Reply