3:40 pm - Jumat Desember 15, 2017

Gandeng Bareskrim Polri dan KPK, Polrestabes Bandung “Berburu” Pelaku Pungli

Written by | Januari 30, 2017 | 0
Polrestabes Bandung
Single content advertisement top

Polrestabes BandungPolrestabes Bandung akan berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan KPK untuk mengusut kasus dugaan pungutan liar (pungli) yang melibatkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung Dandan Riza Wardana. Penelusuran mendalam tengah dilakoni polisi guna membongkar praktik kejahatan tersebut. 

Polrestabes BandungTercatat ada enam orang, termasuk Dandan, yang ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung. Mereka yang telah ditahan itu dinilai melanggar Pasal 5, 11, dan 12 B Nomor 20 Tahun 2011 tentang Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

“Kami perlu pencerahan untuk mengembangkan kasus ini,” ucap Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Yoris Maulana.

Menurut Yoris, tidak tertutup kemungkinan jumlah tersangka perkara dugaan pungli ini bertambah. Sinergi antarlembaga penegak hukum tersebut merupakan bentuk komitmen dalam upaya memberantas aneka praktik korupsi. 

“Makanya, kami berkoordinasi dengan Tipikor Bareskrim Polri dan KPK,” ujar Yoris.

Meski begitu, Yoris menolak membeberkan langkah koordinasi antarlembaga tersebut lantaran termasuk ranah teknis. Dia hanya memastikan siap mengungkap kasus pungli DPMPTSP Kota Bandung.

Kadis DPPMPTSP Kota Bandung Dandan Riza Wardana kena operasi tangkap tangan (OTT) oleh polisi pada Jumat (27/1) lalu. Polisi turut menangkap lima bawahan Dandan.

Modus operandi yang dilakukan para tersangka adalah membantu mempercepat ragam perizinan dengan cara memungut sejumlah duit dari masyarakat atau pengusaha selaku pemohon izin. Polrestabes Bandung menyita barang bukti berupa uang sebanyak Rp 364 juta, USD 34.000, 124 pound sterling, buku tabungan bersaldo Rp 500 juta, dua unit mobil, dan satu unit sepeda motor.(03)

(Visited 68 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA BANDUNG

No comments yet.

Leave a Reply