3:08 pm - Selasa Oktober 19, 7875

Kapolri : Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan Bukan Karena Polri

Written by | Januari 4, 2017 | 0
Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan
Single content advertisement top

Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan– Mengenai keputusan Pemerintah yang menaikkan Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan bermotor baik roda 2 atau 4 yang meliputi (STNK,BPKB dan plat nomor), Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan, dalam hal ini Polri sama sekali tidak ikut campur soal perumusan PP No 60 Tahun 2016 tentang PNBP yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia.

Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan“Kenaikan Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan tersebut bukan karena Polri, tolong dipahami dan dimengerti,” Ujar Tito, Rabu (4/1).

Menurutnya (Tito), peraturan tersebut murni keputusan pemerintah yang merasa perlu meningkatkan tarif untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Lebih lanjut ia menerangkan, pada awalnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menganggap harga material untuk pembuatan SIM dan STNK mengalami kenaikan, sehingga perlu dilakukan peningkatan anggaran.

“Pembaruan harga itu sudah lama dilakukan, yakni lima tahun yang lalu. Selain itu, PNBP ini akan digunakan untuk membayar harga kenaikan bahan,” tambahnya.

Selain dari BPK, Badan Anggaran DPR juga menemukan bahwa tarif di Indoensia termasuk tarif terendah yang diterapkan di dunia. Maka dari itu dirasa perlu adanya Kenaikan Tarif Pengurusan Surat Kendaraan karena daya beli masyarakat juga semakin meningkat.

Ditambah lagi, pengurusan surat kendaraan seperti SIM, STNK dan BPKB kini sudah dapat dilakukan secara online. Dengan adanya sistem online tersebut, selain dapat menekan pungutan liar, sistem online juga lebih menghemat biaya.

“Kita mengharapkan dengan sistem online ini, kita langsung bayar di bank, itu selesai,” jelasnya.

Sekedar info, Peraturan baru ini diterapkan sejak 6 Januari 2017. Penerapannya sementara ini dilakukan di Jakarta dulu. Kemudian, secara bertahap, itu akan diterapkan di daerah lain. (03)

Sumber : Jurnalindonesia.id

(Visited 325 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA JAKARTA

No comments yet.

Leave a Reply