9:22 am - Minggu Juni 24, 2018

43 Warga Keracunan, PT.Pindodeli 2 Tutup

Written by | Mei 18, 2018 | 0
PINDODELI
Single content advertisement top

43 Warga Keracunan-Kasus keracunan gas beracun yang ditimbulkan akibat sisa pembuangan produksi pabrik kembali terjadi di Kabupaten Karawang. Kali ini kasus keracunan diduga akibat dari bocornya gas caustic soda dari sebuah pabrik kertas, PT Pindodeli Pulp and Papper Mills II yang berlokasi di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Kamis(17/5).

Tak lama setelah kejadian tersebut, masyarakat yang berada di sekitar pabrik langsung berbondong-bondong mengepung pabrik tersebut untuk meminta tanggung jawab dari pihak PT.Pindodeli II.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Karawang Wawan Setiawan, mengatakan, kebocoran gas terjadi di Desa Kutamekar ketika hendak menyambut waktu sahur.

PT.PINDODELI

“Menurut laporan terdapat sekitar 43 warga yang mengalami keracunan dan kini dilarikan ke rumah sakit Delima Asih dan ada juga yang dibawa ke RS. Rosela,”Ucapnya,Juma(18/5).

Setelah kejadian tersebut pagi tadi pun sempat terjadi aksi yang dilakukan masyarakat bersama dengan LSM Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Karawang yang dihadiri sekitar 100 orang yang dipimpin oleh Wahyu Anggara selaku Ketua Harian LSM LMP Kabupaten Karawang.

Ketua Harian LSM Laskar Merah Putih Kabupaten Karawang Wahyu Anggara menjelaskan, LSM LMP bersama warga menuntut agar unit caustic soda PT.Pindodeli II agar tidak beroprasi kembali.

“Aksi ini merupakan aksi spontanitas yang dilakukan LSM LMP selaku tim Advokat warga Desa Kutamekar, dan kami menuntut agar pihak PT.Pindodeli Pulp and Papper Mills II agar tidak mengoprasikan kembali unit Caustic Soda karena menyebabkan 43 warga Desa Kutamekar mengalami keracunan,” Ucapnya ketika dihubungi melalui pesan singkat.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bagi warga yang menjadi korban selanjutnya akan dilakukan tindakan hukum dan sudah masuk dalam penanganan pihak Kepolisian.

“Kalo mengenai masyarakat yang menjadi korban sudah jelas perkaranya sudah ditangani Polres Karawang, jadi kita serahkan saja ke penegak hukum,” Tambahnya.

Setelah melakukan mediasi antara pihak warga desa Kutamekar, Perwakilam LSM LMP serta pihak perusahaan menjelaskan kalau peristiwa yang memakan korban tersebut berasal dari kebocoran gas yang terjadi di unit Caustic Soda.

“PT.Pindodeli menindak lanjuti kondisi paparan gas pada tanggal (14/5) yang kemudian management memutuskan untuk melakukan maintenance. Kemudian ketika dilakukan proses perbaikan, reaktor HCL dan menjalankan prosedur emergency dengan penyemprotan. Namun, dalam proses tersebut sekitar pukul 20.30 WIB residual gas dari sistem terbawa angin dan mengarah ke pemukiman warga,” Ucap Public Affair PT.Pindodeli ketika membacakan surat keputusan dan penjelasan didepan para demonstran.

Kemudian sesusai dengan keputusan mediasi, pihak perusahaan akan menghentikan total operasional unit Caustic Soda Plant. “Kita akan menghentikan total operasional unit Caustic Soda Plant dan saya mewakili perusahaan meminta maaf atas kejadian ini,” Tambahnya.

Sebelumnya kebocoran gas ini juga terjadi pada hari selasa(15/2) yang sampai memakan korban keracunan hingga 16 orang. Serta menurut informasi sekitar pukul 14.00 WIB pihak DLHK Kabupaten Karawang mencabut ijin Lingkungan PT.Pindodeli II.(03)

(Visited 70 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply