1:37 pm - Minggu Agustus 19, 2018

APBD Tekor, Pemda Karawang Gaet Investor Tangani Sampah

Written by | Maret 13, 2018 | 0
kar pang
Single content advertisement top

APBD Karawang Tekor-Menyikapi permasalahan sampah yang sampai sekarang tak kunjung terselesaikan, pihak Pemerintah Kabupaten Karawang memanggil beberapa investor terkait permasalahan pengelolaan sampah.Rapat tersebut di hadiri oleh Bupati Karawang Dr.Cellica Nurachdiana, Komandan Kodim 0604 Kab. Karawang Letkol. Arm Ayi Yosa, Ketua Dprd karawang Toto suripto, dan beberapa kepala OPD di Kab.Karawang.

Bertempat di ruang rapat Bupati, beberapa investor tersebut diminta memaparkan teknis dan gambaran mengenai pengelolaan sampah di Kabupaten Karawang. Kelima investor tersebut diantaranya ialah Foundtain Bali Hydro System Company Limited, PT. Patriot Bangkit Bekasi, PT. Organic dan PT. Buana Krakatau Sejahtera.

kar pang 1

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Wawan Setiawan mengatakan, pemanggilan beberapa investor tersebut dilakukan karena pengelolaan sampah bukan hanya dilakukan oleh pihak pemerintah tapi juga diperlukan peran dari masyarakat.

Lebih lanjut Wawan menjelaskan, dengan adanya investor untuk mengelola sampah dia meyakini kalau beban APBD Karawang akan menjadi lebih ringan kedepannya.

“Kita masih tahap pendengaran pemaparan, apabila nanti ada yang bagus nanti kita kembalikan ke pemegang kebijakan yaitu Bupati dan juga apabila ada investor untuk mengelola sampah tentunya beban APBD kita akan berkurang,”jelasnya.

Wawan mengatakan, jadi pada hari ini ada 5 investor yang berminat mengelola berkaitan dengan sampah yg ada di Kabupaten Karawang, dari kelima investor tersebut semua ada kelebihan maupun kekurangannya dan kami selaku dinas teknis pengelolaan sampah nanti akan buat rangkuman daripada paparan dinas, lalu selanjutnya akan diberikan kepada pemegang kebijakan mana yg terbaik.

Sampah bukan saja tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat dan kenapa harus investor, karena kekuatan APBD kita sangat-sangat terbatas, dan sekarang sampah juga sudah menjadi sesuatu yang bisa mempunyai nilai ekonomis yang bisa menjadi energi.

Mereka baru memaparkan sebatas kaitan teknologinya dan juga alatnya inselalator, itu semua tergantung dari Bupati sendiri kan memilih yang mana, dan secepatnya di tahun ini akan mendapatkan investor yang dimana nantinya dipilih melalui MOU.

“Secepatnya tahun ini juga kami sudah mendapatkan investor, karena memang sampah yg berada di jalupang sudah menumpuk. Secara teori dengan aturan 2,3 juta penduduk karawang PERMENPU 0,4kg sampah perhari, jadi kurang lebih 920ton sampah perhari yang kita angkut”, tambahnya. (03)

(Visited 90 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply