10:50 am - Rabu Mei 23, 2018

Jelang Pilgub Jabar, FORKOPINDA adakan Rapat Desk Pilkada

Written by | Februari 22, 2018 | 0
pilgub jawbar
Single content advertisement top

Jelang Pilgub Jabar-Pemerintah Kabupaten Karawang bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPINDA) Kabupaten Karawang mengadakan Rapat Koordinasi Desk Pilkada Kabupaten Karawang di Ball Room Britz Hotel, Grand Taruma Karawang.

Rapat yang dihadiri oleh Kajari Karawang Sukardi, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Samsuri, Pasi Ops Kodim 0604/Karawang Kapten Inf. Ade Sudarya, Pasi Intel Kodim 0604/Karawang Kapten Sukarya, Ketua Panwaslu Kab.Karawang Syarif Hidayat, Komisioner KPUD Karawang Asep Musikin serta 70 orang anggota rapat lainnya.

Dalam Sambutannya Asisten Daerah Bidang Pemerintahan H. Samsuri menjelaskan, pada prinsipnya penyelenggaraan Pileg, Pilpres dan Pilkada itu adalah tanggungjawab Pemerintah sesuai dengan UU, tanggungjawab ini didelegasikan kepada lembaga yang ada yaitu KPU, pengawasannya diberikan kepada Bawaslu dan pengamanannya dari Kepolisian, penegakkan hukumnya dari Gakkumdu.

pilgub jawbar2“Penjelasan tersebut dijelaskan dalam Permendagri No. 9 / 2005 tentang pedoman bagi Pemda dalam pelaksanaan Pilkada, terbentuknya Desk Pilkada,”ucapnya, Kamis(22/2).

Lebih lanjut Samsuri menjelaskan, fungsi Desk yaitu Koordinasi dengan Instansi terkait, pemantauan kelancaran Pilkada, Pilgub dan Pilpres.

“Diantaranya pemantauan situasi dinamika Politik, pemberian dukungan fasilitasi kepada penyelenggara Pilkada sesuai kebutuhan, penyusunan langkah langkah antisipasi dan kebijakan yang responsif terhadap situasi sosial Politik, pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang undangan mengenai Pilkada sesuai dengan aturan dan ketentuan,”bebernya.

Sementara itu Pasi Ops Kodim 0604/Karawang Kapten Inf. Ade Sudarya dalam penjelasannya menerangkan, kami dari TNI dan Polri Netral dalam Pilkada Serentak, akantetapi kita tidak hanya Netral dalam arti orangnya tapi juga tempat seperti kantor dan rumah.

“Dari Kodim 0604/Karawang memberikan anggotanya kepada Kepolisian sebanyak 400 personil guna memperkuat dalam Pilgub Jabar 2018,”Jelasnya.

Selanjutnya Komisioner KPU Karawang Asep Muksin dalam sambutannya memaparkan,Dalam Pemilu 2018 dan 2019, yaitu pada KPU terdapat 5 anggota KPU, 90 PPK, 927 PPS, KPU sudah merekrut Agen Sosialisasi untuk memsosialisasikan Pilkada supaya bertambahnya partisipan Pemilih dan disetiap Kecamatan terdapat 2 Agen Sosialisasi.

“Sampai saat ini Pilgub berada di Tahapan massa Kampanye yaitu pada tanggal 15 Februari – 23 Februari 2018 dan setelah itu akan menginjak massa tenang,”tuturnya.

Kemudian Ketua Panwaslu Kabupatrn Karawang Syarif Hidayat yang juga ikut dalam rapat tersebut memaparkan, dirinya memberikan pengertian kepada anggota panwas agar lebih pintar dari KPU dan lebih berani agar mendapatkan temuan apabila ada kesalahan.

“Menegakkan integritas kredibel penyelenggara transparansi penyelenggara hasil pemilu serta mewujudkan pemilu yang demokratis serta Panwaslu selalu mencegah terlebih dahulu sebelum menindak, karena kita juga akan melakukan sosialisasi dan lain lainnya,”Tegasnya.

Rapat yang usai sekian pukul 12.30 tersebut berlangsung aman dan kondusif. (Ka-den)

(Visited 43 times, 2 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply