3:38 am - Rabu Mei 23, 2018

Selalu “Termajinalkan”, Karangtaruna Warungbambu “Tantang PT.ADW”

Written by | Oktober 30, 2017 | 0
Karangtaruna Warungbambu
Single content advertisement top

Karangtaruna Warungbambu– Karangtaruna beserta warga desa Warung Bambu Karawang Timur kembali melakukan aksi demonstrasi terhadap pihak perusahaan dalam hal ini PT.ADW yang berlokasi di daerah desa Warung Bambu Karawang Timur.

Aksi tersebut diawali dengan melakukan longmarch dari desa Warung Bambu menuju kantor Kecamatan Karawang Timur dengan diikuti sekitar 100 orang. Aksi kali ini dilakukan masih terkait permasalahan ketenagakerjaan dari tahun 2015 hingga kini belum juga usai.

Sesampainya di kantor Kecamatan Karawang Timur, para warga sempat melakukan orasi sebelum dipilih beberapa orang sebagai perwakilan untuk dilakukan mediasi dengan pihak perusahaan.

Salah satu anggota Karangtaruna desa Warung Bambu ketika ditanya terkait aksi kali ini mengatakan, aksi kali ini dilakukan sebagai bentuk tuntutan dan kekecewaan warga terhadap pihak perusahaan yang tak kunjung merealisasikan tuntutan warga terkait masalah ketenagakerjaan.

Karangtaruna Warungbambu

“Kami Cuma minta supaya masyarakat sekitar perusahaan itu dibekerjakan karena sudah sekian tahun perusahaan itu berdiri, masyarakat sekitar cuma dapat kebisingan dari mesin pabrik juga polusi dari limbah-limbah pabrik,” ucapnya, senin(30/10).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, aksi kali ini bukan merupakan aksi yang pertama kali karena jauh sebelum aksi hari ini, sudah sering bahkan berulang kali dilakukan aksi demonstrasi namun tidak pernah membuahkan hasil.

“Pertama kali kita aksi, kita udah sounding ke pihak perusahaan, kemudian ke Kecamatab sampai ke komisi D DPRD Kabupaten Karawang. Bahkan pihak perusahaan juga sempat dipanggil sebanyak tiga kali oleh DPRD tapi selalu tidak hadir,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Karawang Timur Hj. Eli Laely Komala.S.sos ketika dikonfirmasi mengatakan, hasil mediasi tadi sudah di bahas dan sudah ada titik terang dengan dikeluarkannya surat pernyataan antara pihak karangtaruna dan warga dengan pihak perusahaan.

“Sudah dilakukan mediasi dan sudah ada kesepakatan yang sudah disepakati dari keduabelah pihak, meskipun beberapa poin dalam kesepakan itu masih dalam proses, namun tadi sudah dibahas seperti apa teknisnya nanti,” ucap Eli.

Lebih lanjut Eli menjelaskan, dalam aksi tersebut ada tiga macam tuntutan warga yang diminta untuk segera di selesaikan.

“Tuntutan pertama terkait pemberhentian saudara atam yang menurut warga diluar prosedur, kemudian warga menuntut terkait keberadaan perusahaan agar bermanfaat bagi warga sekitar khususnya masalah tenaga kerja kemudian pemberdayaan Karangtaruna Warung Bambu untuk kemandirian wirausahanya,” tambah Ely.

Berdasarkan pantauan Beritabrantas, setelah dikeluarkannya surat kesepakatan tersebut, para warga membubarkan diri dan kembali ke kediamannya masing-masing. Dalam aksi kali ini juga berjalan aman meski sempat ada sedikit keributan antara warga karena warga tidak diperkenakan masuk.(nad-den)

(Visited 122 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply