12:40 am - Senin Agustus 20, 2018

WASPADA, Karawang Darurat Banjir

Written by | November 16, 2016 | 0
Karawang Darurat Banjir
Single content advertisement top

Karawang Darurat Banjir – Banjir yang melanda Kabupaten Karawang beberapa hari ini termasuk banjir yang terjadi cukup parah. Pasalnya, tercatat sekitar 13.713 rumah, 12 masjid dan 4 sekolah dan 338 hektare sawah terendam banjir. Karawang Darurat Banjir

Meskipun selama dua hari ini daerah Karawang belum diguyur hujan yang cukup seras, namun diprediksikan banjir tidak akan cepat berakhir. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak curah hujan akan terjadi mulai dari bulan November hingga Februari 2017 mendatang.

Karawang Darurat BanjirMenurut Kepala BMKG Andi Eka Skya mengatakan, terjadi peningkatan curah hujan secara signifikan selama lima tahun terakhir di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Peningkatan curah hujan terjadi di wilayah daerah aliran sungai citarum baik di hulu maupun di hilir, yang berdampak pada naiknya volume air sungai citarum dan mengakibatkan banjir di beberapa wilayah aliran sungai Citarum,”ujarnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, pada pertengaha bulan november BMKG Bandung mencatat terjadi peningkatanintensitas hujan rata-rata di wilayah Jabar yang mencapai 312 milimeter. Yang seharunya pada 30 tahun terakhir dari 1981-2010 curah hujan hanya berkisar sekitar 270 milimeter.

sementara itu, data debit air di beberapa bendungan yang diterima Tim BeritaBrantas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang tercatat, Outflow total Saguling yang masuk ke Cirat pada pukul 11.00 tercatat sebesar 227,8 m3/dt, Outflow Cirata yang masuk ke Djuanda pukul 11.00 tercatat sebesar 762,56m3/dt, Limpasan bd.Cibeet pukul 09.00 tercatat sebesar 59,45m3/dt, Kapasitas Citarum di Kedung Gede maks. S.d 1.200m3/dt.

Sementara itu hingga saat ini, jumlah pengungsi Karawang Darurat Banjir terus meningkat. Tercatat jumlah pengungsi naik sekitar 500 kali lipat. pada hari senin sekitar 6.373 warga meninggalkan tempat tinggal, dan hingga saat ini pengungsi yang meninggalkan tempat tinggal mereka tercatat sekitar 31.397 pengungsi. para pengungsi Karawang Darurat Banjir tersebut kini menempati tenda-tenda yang telah disiapkan pemerintah daerah, masjid-masjid hingga rumah-rumah kerabat para pengungsi.(03)

(Visited 183 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply