1:54 am - Kamis April 26, 2018

Amankan Pilgub Jabar, Muspika Gelar Rapat Lintas Sektoral

Written by | Februari 10, 2018 | 0
Pilgub Jabar
Single content advertisement top

Pilgub Jabar-Dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wkil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 Polres Karawang dengan jajaran Muspika Kabupaten Karawang mengadakan rapat lintas sektoral yang dihadiri sekitar 100 anggota rapat dari unsur Muspika Kabupaten Karawang.

Rapat yang dilakukan di Aula lantai 3 Kantor Pemda Kabupaten Karawang tersebut membahas berbagai hal yang perlu dilakukan dalam menjaga kondusifitas selama Pilgub berlangsung. Dalam acara tersebut sebagai pembicara Kapolres Karawang AKBP Hendy F. Kurniawan SIK, SH, MH, Wakil Bupati Karawang, Ketua KPUD Karawang Ir. Riesza Affiat, Ketua Panwaslu Karawang Syarif  Hidayat, SH, Asistern Daerah Kabupaten Karawang Bagian Pemerintahan Drs. Syamsuri, Pasi Opsdim 0604/Krw Kapten Inf. Ade. S yang mewakili Dandim 0604/Karawang, serta seluruh kapolsek dan danramil se Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya Kapolres Karawang AKBP Hendy F. Kurniawan SIK, SH, MH mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral pada siang hari ini dan berkaitan Pilgub Jabar dan ini sudah dimulai pengamanan di Kantor KPU serta Panwaslu, kami dari Polri sudah aktif melaksanakan pencegahan dan selalu komunikasi dengan KPU.

Pilgub Jabar

“Kotak suara yang masih menumpuk di Kantor KPU juga menjadi salah satu antisipasi kami, karena dapat menimbulkan gangguan di Wilayah Karawang dan Polri sudah melakukan proaktif baik secara manual secara IT kita melakukan pendalaman dan patroli siber terhadap akun media sosial yang menyebarkan kebencian khususnya saat Pilgub Jabar 2018,” Ucapnya, jumat(9/2).

Lebih lanjut Hendy mengatakan, Isu yang saat ini sedang berkembang di Kab. Bandung ada Ulama kita yang diserang oleh orang yang tidak dikenal, hal tersebut telah dikaitkan dengan Parpol tertentu, kami diperintahkan oleh Kapolda untuk melakukan pengamanan Ulama di Wilayahnya masing masing dan Kami Polri khususnya Polres Karawang netral dalam Pilgub Jabar, karena Pimpinan kita yaitu Kapolri dan Kapolda, walaupun ada calon Wakil Gubernur Jabar dari Purn Polri.

“Pilkada di Kab. Karawang terdapat 3.020 TPS yang siap akan kami amankan,” Lanjutnya.

Sementara itu dalam paparannya Kabag Ops Polres Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, SE menuturkan, Tujuan operasi Mantap Praja Lodaya yaitu terjaminnya rasa aman krpada masyarakat, terselenggaranya seluruh rangkaian Pilkada dan terwujudnya kamtibmas yang aman sebelum dan pasca pemilihan dan Target operasi pengamanan orang, benda, lokasi dan kegiatan dapat berjalan aman serta tidak ada gangguan apapun di Wilayah Hukum Polres Karawang.

“Cara bertindak Tahap Kampanye yaitu melakukan deteksi, preemtif, preventif dan gakkum apabila terdapat tindakan yang melanggar hukum dan Kami akan melaksanakan pengamanan logistik, TPS, kegiatan kampanye dan jalur yang akan dilalui logistik Pilkada,” jelasnya.

Setelah itu Ketua KPUD Karawang Ir. Riesza Affiat menjelaskan, berapa hari yang lalu kami KPU Karawang baru menyelesaikan verifikasi vaktual Partai Politik Pemilu Tahun 2019 dan Bahwa Tahapan Pilgub dan Tahapan Pileg, Pilpres ada yang bersamaan.

“Di Bulan Maret ada Tahapan yang agak begitu riskan yaitu adanya calon legislatif sudah melakukan verifikasi dan penyelesaian sengketa pemilih dan Kab. Karawang salah satu Kabupaten yang terpilih menjadi tempat terselenggaranya debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018. Setelah selesainya pemungutan dan penghitungan dalam Pilgub Jabar langsung akan disusul oleh tahapan pendaftaran verifikasi calon legislatif,” tegasnya.(03)

(Visited 24 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply