5:18 pm - Senin Juni 25, 2018

Sosialisasi Pilgub Jabar, Pemaparan Panwaslu “BURAM”

Written by | April 12, 2018 | 0
sosialisasi panwas
Single content advertisement top

Sosialisasi Pilgub Jabar-Panitia penganwas pemilu (PANWASLU) Kabupaten Karawang  mengadakan acara sosialisasi pengawasan partisipasi bagi masyarakat di Kabupaten Karawang. Acara tersebut dilakukan bertempat di Hotel Grand Citra, Badami Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Acara tersebut dihadiri oleh ketua Panwaslu Kabupaten Karawang Syarif Hidayat, SH.,MH, Ketua/ Pengawas Bawaslu Provinsi Jawa Barat Suryana Hadi Wijaya, ST, Kepala Kesbangpol Kabupaten Karawang H.Sujana serta anggota panwas dan perwakilan bawaslu.

sosialisasi panwas

Kemudian acara tersebut juga dihadiri sekitar 20 elemen masyarakat serta beberapa ormas serta perwakilan beberapa partai politik seperti Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), Nahdatul Ulama, Muhammadiah, Persis, LDII, Gerakan Organisasi Wanita (GOW), Karangtaruna, Forum Badan Permusyawaratan Desa (FBPD), Angkatan Muda Demokrat Indonesia (AMDI), Banteng Muda Indonesia, Barisan Muda Partai Amanat Nasional (BMPAN), KNPI, Pemuda Pancasila, Pemuda Pancamarga, Garda Bangsa, Pandu Keadilan dan Pemuda Ka’bah.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Karawang H. Sujana dalam pemaparannya menjelaskan, kesbangpol merupakan mitra dari Panwaslu dan KPUD dalam pengamanan Pilgub Jabar.

“Pada Pilgub kali ini diharapkan partisipasi masyarakat akan meningkat, karena pada Pilkada beberapa tahun lalu, di Karawang khususnya, partisipasi masyarakat menurut data yang tercatat mencapai sekitar 60% sementara itu kita harapkan pada pilgub tahun ini tingkat partisipasi masyarakat akan naik menjadi 70%,” Ucap Sujana, Kamis(12/4).

Lebih lanjut Sujana menjelaskan, berdasarkan hasil dari rapat inteligen yang dilakukan di brits hotel beberapa waktu lalu, yang menjadi ancaman pada Pilgub kali ini adalah daftar pemilih.

“Di Kabupaten Karawang masih banyak pemilih yang belum memiliki ktp maka dari itu, berdasar rapat tetsebut Bupati Karawang memerintahkan setiap Kecamatan melakukan rekap ulang KTP untuk lebih memutakhirkan data pemilih tetap (DPT),”Tambahnya.

Sementara itu, Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Panwaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan menyebutkan, adanya kegiatan ini bertujuan agar masyarakat ikut mengawasi Pilgub agar pengawasan pemilu ini lebih maksimal.

“Selain dari lembaga-lembaga yang hadir kali ini kita juga sudah melakukan sosialisasi dengan anggota Pramuka sebagai pemilih pemula dan setelah acara ini pun kita masih akan terus melakukan sosiali sasi agar target dan tujuan dari panwaslu tercapai,”Katanya.

Lebih lanjut Kursin menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam pengawasan Pilgub Jabar kali ini bisa langsung melaporkan atau sekedar memberikan informasi kepada panwaslu apabila ditemukan pelanggaran.

“Masyarakat juga bisa melaporkan apabila ada pelanggaran dalam pilgub 2018 ini, caranya tinggal download aplikasi Go Waslub yang bisa di unduh di playstore dan app store,”Tandasnya.

Namun sedikit perlu diperhatikan, ketika acara hampir usai, pihak panwaslu sempat membagi-bagikan amplop dengan cara memanggil satu per satu nama-nama yang tertera di dalam daftar hadir dengan menggunakan pengeras suara di hadapan tamu undangan yang hadir. Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 -17.00 tersebut berjalan dengan lancar serta kondusif.(03)

(Visited 88 times, 2 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: BERITA KARAWANG

No comments yet.

Leave a Reply