1:09 am - Jumat Mei 25, 2018

Wisata Alam, (Eksotisnya Candi Jiwa dan Candi Blandongan-Karawang)

Written by | Januari 11, 2016 | 0
candi jiwa karawang
Single content advertisement top

KARAWANG,BeritaBrantas

Akhir pekan ini Berita Brantas menyambangi Komplek percandian yang ada di kawasan Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Yang cukup terkenal yakni Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Candi Jiwa merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara, bila Candi Blandongan peninggalan Sriwijaya dan Tarumanegara.

Candi Blandongan, merupakan candi yang paling mencolok dengan desain yang unik dari batu yang berwarna merah tak seperti candi lainnya yang dari batu.di dalam Candi Blandongan ini pun ada penemuan benda bersejarah di antaranya Amulet dan Gerabah Buni. Amulet yaitu jimat yang ditanam seseorang saat seseorang mengunjungi suatu tempat. Bisa juga tanda saat seseorang memenuhi nazarnya atau sebagai tolak bala.

Beberapa amulet memuat tulisan 5 SM, beberapa yang lain tanpa tulisan. Amulet yang ditemukan di Candi Blandongan menggambarkan cerita sarasvati, yaitu ketika Budha mendapat ilham mengenai masalah keduniaan.

Dalam amulet itu diceritakan Dewa Brahmana berdiri di sebelah kanan dan Dewa Cakara di sebelah kiri. Sementara raja Nanda dan Upananda menciptakan tempat duduk berbentuk lotus bagi Budha Amitabha.

“Ada ditemukan lempengan emas 16 karat dengan tulisan Pallawa dan bahasa Sansekerta. Diperkirakan itu semacam mantra,”ujar petugas pemelihara candi, Nasri.

Nasri melanjutkan, “Di Candi Blandongan juga banyak ditemukan rangka-rangka manusia. Beberapa rangka tersebut ditemukan dalam keadaan masih menggunakan perhiasan di antaranya berupa manik-manik dari tanah, kaca dan batu,”tuturnya.(nina)

(Visited 357 times, 1 visits today)
Single content advertisement bottom
Filed in: WISATA ALAM

No comments yet.

Leave a Reply